Rabu, 21 Juli 2010

Hari Pertama Sekolah


Semua orang yang pernah mengenyam bangku pendidikan pasti pernah merasakan perasaan senang dan bangga memakai pakaian seragam sekolah, sepatu, tas, perlengkapan belajar mulai dari pensil, penghapus, kotak pensil, buku yang tentu saja semua serba baru.

Rasa bangga dihari pertama sekolah juga tak luput dirasakan oleh para orang tua (wali murid) yang mengantar anaknya kesekolah.

Pemandangan ini tentu terlihat hampir diseluruh sekolah disemua penjuru kota mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan sekolah-sekolah sederajat (dan tentunya juga dikota anda). Pemandangan inilah yang ku dapati setiap tahun ajaran baru dimulai.

Tapi, ada kejadian lain jika pemandangan ini terlihat di Sekolah Dasar. Orang tua murid yang datang mengantar anaknya telah datang pagi-pagi sekali jauh sebelum kelas-kelas dibuka oleh sipenjaga sekolah. Hanya satu alasan mereka yaitu untuk mendapat posisi tempat duduk strategis untuk si anak. Bahkan tak jarang si ibu tak mau meninggalkan anaknya yang sudah duduk dengan alasan si anak takut dipindahkan oleh orang lain (mungkin gurunya atau orang tua murid lainnya). Namun tak jarang hal perebutan posisi duduk menjadi sesuatu yang dipertengkarkan oleh orang tua murid. Hmmm... Jika dihari pertama sianak berada dikelas saja sudah mendapat contoh tak elok dari orangtuanya yang bertengkar karena berebut sesuatu, mungkin saja selanjutnya sianak akan bertengkar dengan teman sekelas atau teman sebangkunya akibat memperebutkan sesuatu yang sepele. (*sesuatu yang tak seharusnya terjadi).

Untuk semua orang tua!! Jika anda memang ingin menyekolahkan putra putri anda, maka biarkan guru nya yang mengurusi sianak disekolah. Anda cukup mengantar dan memberi arahan pada sianak agar tidak berbuat nakal dan baik-baiklah dikelas. Jika anda tidak mengajarkan anak anda untuk mandiri sejak dini terutama jika anak anda telah berada dalam satu lingkungan dalam hal ini lingkungan sekolah, maka yakinlah anak anda tidak akan terbiasa untuk bersosialisasi dengan lingkungannya karena terbiasa dibela oleh anda dalam segala hal.

4 komentar:

Gege Riyadi mengatakan...

ijin mengamankan yang pertama dahulu...
komennya setelah aman saja ya,.hehe

Gege Riyadi mengatakan...

selamat mengajar di hari pertamanya sekolahnya ya mba,..
jangan lupa banyak senyum ke murid2nya,...(remember my post,hehe)
salam,. ^^

Unknown mengatakan...

kenapa ya, kalo SD pasti tempat duduk itu sesuatu yang paten, kyk penjajahan aj klo kyk gini... hhi.... he.eh setuju, kalo kyk gitu yang anak2 siapa, yg mau sekolah siapa, masa' orang tua ikut rebutan juga,, ga etis......

salam kenal juga :D
follow balik y,, hhe

jack mengatakan...

jadi penasaran, tempat duduk yang strategis itu dibagian mana sih ida? depan, belakang atau di samping...?