Selasa, 31 Agustus 2010

maka bertahajudlah


Rasulullah SAW ketika menerangkan shalat tahajud.
" shalat tahajud adalah sarana meraih keridhaan Tuhan, kecintaan para malaikat, sunah para nabi, cahaya pengetahuan, pokok keimanan, istirahat untuk tubuh, kebencian para setan, senjata untuk musuh, sarana terkabulnya doa, sarana diterimanya amal, keberkatan bagi rezeki, pemberi syafaat diantara yang melaksanakannya dan diantara malaikat maut, cahaya dialam kubur dan ranjangnya, menjadi jawaban bagi Munkar dan Nakir, teman hingga hari kiamat, pakaian bagi tubuh, mahkota diri, penghalang bagi neraka, pembela dihadapan Allah, pemberat timbangan amal, penuntun dititian Shirathal-Mustaqim, dan kunci surga. karena shalat adalah takbir, tahmid, tasbih, taqdis (menyucikan) dan ta'zhim (mengagungkan), doa, maka amal yang utama adalah waktu terbaiknya"

Rasul juga menjelaskan
"barangsiapa, baik lakilaki dan perempuan, yang dikaruniai shalat tahajud, maka ia akan bangun karena Allah dengan penuh keikhlasan, berwudhu dengan sempurna, mendirikan shalat karena Allah dengan niat tulus, khusyuk, serta berairmata kesungguhan, maka Allah akan menempatkan dibelakangnya sembilan shaf dari para malaikat yg setiap shafnya tidak ada yg mengetahui jumlah bilangannya kecuali Allah, dan baginya pahala sesuai bilangan shaf tersebut"

Rasulullah juga menjelaskan
"sesungguhnya jika malam berakhir, Allah akan bertanya "apakah ada yang memohon kepadaKU sehingga KU perkenankan? Apakah ada yang meminta kepada KU sehingga KU berikan? apakah ada yang meminta ampunanKU hingga pasti KU ampuni? Apakah ada yang bertaubat kepada KU hingga KU terima taubatnya?"

"seandainya ada seorang penduduk yang menunaikan tahajud didalam sekampung yang telah melakukan maksiat, maka sesungguhnya Allah pasti telah menurunkan azabnya. Namun dikarenakan shalat dan doa satu orang maka Allah menangguhkan azabnya"


(dikutip dari "Maka Bertahujudlah, berdua dengan Allah" diterjemah oleh Muhammad Andi dari "salat al-layl" _ Ansariyan, kota Qum, Iran.)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

semoga saya bisa selalu rajin tahajud, begitu besar manfaatnya......